PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD  PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA




1.1  Latar Belakang
Pembangunan di bidang pendidikan sebagai salah satu bagian dari pembangunan nasional, perlu diwujudkan guna peningkatan dan kemajuan dalam sektor pendidikan. Merosotnya kualitas pendidikan banyak mendapat sorotan dari masyarakat, para lulusan kependidikan, para pendidik dan pemerintah. Oleh karna itu pemerintah berupa semaksimal mungkin mengadakan perbaikan dan penyempurnaan di bidang pendidikan.
“upaya mengetahui kesulitan belajar sangat di perlukan untuk menghindari kegagalan dalam belajar. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengenal sidini mungkin jenis kesulitan belajar dan mencari sumber penyebab utama dan penyerta yang menimbulkan kesulitan belajar” Ahmad dkk, (2001 :91)
Materi sifat-sifat cahaya  yang peneliti anggap mudah untuk dipahami ternyata di SD Negeri 62 banda aceh masih kurang dipahami oleh siswa, hal ini di kuatkan dengan kata-kata di atas yaitu masih sedikitnya siswa SD Negeri 62 banda aceh yang mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan atas materi yang disampaikan, saat peneliti mengamati kelas tersebut.
Dengan adanya permasalahan tentang sifat-sifat cahaya yang masih 20% dikuasai oleh siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa dari SD Negeri 62 banda aceh, maka peneliti ingin menerapkan salah satu model pembelajaran yang ada dalam proses belajar mengajar.
Tipe STAD yang dikembangkan slavin, merupakan salah satu tipe kooperatif yang menekankan pada adanya aktifitas dan interaksi diantara siswa intuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. (isjoni 2007 :51)
Kooperatif tipe STAD juga adalah suatu model pembelajaran yang menerapkan sitem kerja kelompok dalam proses belajarnya. Dengan adanya kerja kelompok yang dibagi perkelompok sebanyak 4-5 orang diharapkan siswa dapat berdiskusi dan bekerja sama, saling bantu untuk memecahkan masalah sifat-sifat cahaya.
Berdasarkan latar belakang yang ada diatas penulis tertarik untuk membuat penelitian yang berjudul :Penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe  STAD Pada Materi Sifat –Sifat Cahaya di kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh.
1.2  Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang di atas peneliti dapat merumuskan masalah sebagai berikut: bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 62 banda aceh?

1.3  tujuan penelitian
berdasarkan rumusan masalah di atas yang menjad tujuan dalam penelitian ini adalah : untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 62 banda aceh

Comments