PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
STAD PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA
1.1 Latar Belakang
Pembangunan
di bidang pendidikan sebagai salah satu bagian dari pembangunan nasional, perlu
diwujudkan guna peningkatan dan kemajuan dalam sektor pendidikan. Merosotnya kualitas
pendidikan banyak mendapat sorotan dari masyarakat, para lulusan kependidikan,
para pendidik dan pemerintah. Oleh karna itu pemerintah berupa semaksimal
mungkin mengadakan perbaikan dan penyempurnaan di bidang pendidikan.
“upaya
mengetahui kesulitan belajar sangat di perlukan untuk menghindari kegagalan
dalam belajar. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengenal sidini mungkin
jenis kesulitan belajar dan mencari sumber penyebab utama dan penyerta yang menimbulkan
kesulitan belajar” Ahmad dkk, (2001 :91)
Materi
sifat-sifat cahaya yang peneliti anggap
mudah untuk dipahami ternyata di SD Negeri 62 banda aceh masih kurang dipahami
oleh siswa, hal ini di kuatkan dengan kata-kata di atas yaitu masih sedikitnya siswa
SD Negeri 62 banda aceh yang mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan
atas materi yang disampaikan, saat peneliti mengamati kelas tersebut.
Dengan
adanya permasalahan tentang sifat-sifat cahaya yang masih 20% dikuasai oleh
siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa dari SD Negeri 62 banda aceh, maka
peneliti ingin menerapkan salah satu model pembelajaran yang ada dalam proses
belajar mengajar.
Tipe
STAD yang dikembangkan slavin, merupakan salah satu tipe kooperatif yang
menekankan pada adanya aktifitas dan interaksi diantara siswa intuk saling
memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai
prestasi yang maksimal. (isjoni 2007 :51)
Kooperatif
tipe STAD juga adalah suatu model pembelajaran yang menerapkan sitem kerja
kelompok dalam proses belajarnya. Dengan adanya kerja kelompok yang dibagi
perkelompok sebanyak 4-5 orang diharapkan siswa dapat berdiskusi dan bekerja
sama, saling bantu untuk memecahkan masalah sifat-sifat cahaya.
Berdasarkan
latar belakang yang ada diatas penulis tertarik untuk membuat penelitian yang
berjudul :Penerapan model Pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Sifat –Sifat
Cahaya di kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh.
1.2 Rumusan masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas peneliti dapat merumuskan masalah sebagai berikut:
bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi
sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 62 banda aceh?
1.3 tujuan penelitian
berdasarkan
rumusan masalah di atas yang menjad tujuan dalam penelitian ini adalah : untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar dalam penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 62
banda aceh
Comments
Post a Comment